Tuesday, September 27, 2016

Hal - Hal Yang Perlu Dilakukan Setelah Membuat Blog

Hal - Hal Yang Perlu Dilakukan Setelah Membuat Blog Baru
I'm A Blogger

Mr Alisadikin - kali ini saya akan berbagi informasi mengenai Hal - Hal Yang Perlu Dilakukan Setelah Membuat Blog.

Kebanyakan orang yang baru saja membuat blog hanya berpikir bagaimana cara membuat postingan saja, dan biasanya setelah mempunyai beberapa postingan, blognya masih sepi alias tanpa pengunjung mereka akan meninggalkan blognya begitu saja tanpa mencari tau hal hal yang perlu dilakukan setelah mempunyai blog. Padahal jika mereka tau cara nge_blog yang sesungguhnya, tau kalo hanya dengan mempunyai blog bisa mendapatkan uang pasti mereka mereka yang tadinya malas ngeblog menjadi giat untuk mengurus blognya. 

Hal - Hal Yang Perlu Dilakukan Setelah Membuat Blog

1. Mendesain Template Blog

Hal pertama yang perlu dilakukan setelah membuat blog adalah mendesain template blog, dalam hal kali ini kita hanya mengedit template saja, kita tidak perlu membuat template sendiri cukup download template blog yang menurut kalian bagus dan sesuai dengan niche blog kalian, setelah itu cukup edit warna templatenya biar template kalian tidak nampak pasaran dan memiliki kesan tersendiri buat pengunjung blog.

2. Membuat Logo dan Pavicon Blog

Hal kedua yang perlu dilakukan setelah membuat blog adalah membuat logo dan pavicon blog, dalam hal ini saya membuat logo dan pavicon PROBLOGIT menggunakan bantuan aplikasi photosop dan coreldraw, saya sendiri belum terlalu mahir dalam membuat logo blog, coba lihat logo blog saya buat hanya sebuah tulisan yang dibesarkan dan ditempeli tiga gambar yang sesuai dengan blog saya.
Nah buat kalian yang gak jago edit mengedit gambar kalian cukup menulis pada Ms.Word nama blog kalian menggunakan font dan warna yang cukup menarik jika sudah cukup di Printscreen (CTRL+PrintScr) lalu krop tulisannya meggunakan paint. Memang sih hasilnya tidak akan sebagus gambar buatan Photosop dan Coreldraw tapi sitidaknya kalian sudah bisa membuatnya logo blog sendiri dan tidak mencuri logo blog orang lain 

3. Membuat postingan secara rutin dan original

Hal ketiga yang saya lakukan setelah membuat blog adalah memposting artikel secara rutin dan original, dengan memposting artikel secara rutin dan original blog kita akan menjadi mudah ditelusuri oleh mesin pencari "SEO", hal yang sering terjadi pada blogger pemula kayak saya adalah membuat postingan 3-4 kali dalam satu hari lalu seterusnya blog tidak diurus dan tidak membuat postingan lagi. hal itulah yang dapat membuat artikel blog kita terabaikan oleh mesin telusur (tidak akan muncul pada search google) jadi lebih baik sehari satu kali saja asalkan bisa rutin setiap hari.

4. Menambahkan Blog dan Menyumbit Link Artikel Baru Pada GMT

Hal yang saya lakukan setelahnya adalah menambahkan blog dan subit url pada GMT,  GMT (Google Webmaster Tools) adalah alat webmaster yang dimiliki oleh Mbah Google, dengan menambahkan blog disitu saya bisa mengetahui banyaknya kueri penelusuran (keywod / Kata Kunci ) yang dapat membuat pengunjung masuk dan membaca artikel blog saya. Selain itu dengan menambahkan blog dan sumbit url kita ke Google webmaster tols blog kita juga akan mudah menjadi seo (Mudah ditelusuri google) karena blogger sendiri yang menyarankan penggunanya untuk menggunakan alat webmaster google tersebut dengan tujuan agar mesin pencari menjadi mudah menelusuri artikel terbaru blog kalian.
5. Sumbit blog Pada GooglePing.
Hal yang saya lakukan selanjutnya adalah menyumbit url blog pada googleping, saya sendiri kurang faham ping artikel itu maksudnya apa -_- yang saya tau ping artikel itu bertujuan untuk memberitahkan bahwa ada pembaharuan pada blog kita. jadi saya selalu ping artikel pada google ping setelah melakukan perubahan pada blog saya, seperti membuat artikel, edit template, menambah widget dan sebagainya.

6. Mempromosikan Blog ke Sosial Media

Selanjutnya hal yang saya lakukan adalah mempromosikan blog saya kesosial media seperti facebook, google+, kaskus dan sebagainya. Hal itu bertujuan untuk mendapatka pengunjung yang pertama kali datang ke blog kita, selain itu mempromosikan blog ke sosial media juga dapat menjadikan blog kita menjadi seo (mudah ditelusuri oleh mesin pencari), jika PV : Page View kalian sudah melebihi 1000 penayangan sudah bisa dipastikan blog anda sudah bisa ditelusuri oleh mesin pencari, hentikan promosi agar kalian tau banyaknya pengunjung yang berasal dari searck engine tiap harinya. Jujur saja saya sendiri promo blog ini dulunya hanya 3-4 kali saja sampai memperoleh 1000 penayangan, setelah itu saya tidak promo lagi dan tak biarkan aja agar pengunjung yang membaca artikel blog ini datang dengan sendirinya dari Search Engine.

7. Bergabung Pada Komunitas Blogger di Facebook

Ini adalah hal yang membuat saya semakin mengerti dunia blogging dari awal sampai akhir. Dengan begabung pada komunitas blogger saya pun juga mengerti apa tujuan ngeblog sebenarnya, jadi ngeblog itu tidak hanya untuk mencari uang tapi juga untuk memberi manfaat kepada orang lain.
Ini adalah beberapa grub komunitas blogger yang saya ikuti
  • Belajar Seo Bersama
  • Komunitas Blogger Indonesia
  • Google Adsense Indonesia

8. Melakukan Blogwalking

Terakhir yang saya lakukan adalah blogwalking, apa itu blogwalking ?? blogwalking adalah mengunjungi dan membaca artikel dari blog blog lain dan memberikan komentar pada blognya dengan harapan pemilik blog yang kita kunjungi memberikan komentar atau tanggapan kembali pada blog kita. Ini adalah sebuah cara untuk memperbanyak komentar di blog, jadi jika kalian ingin artikel kalian mempunyai banyak komentar maka lakukanlah blogwalking, berkomentarlah dengan baik dan sopan tanpa menyertakan link aktif didalamnya karena itu dianggap spam oleh google, jika pemilik blog itu membaca komentarmu yang sopan santun pasti dia akan mengintip propil akun google plus kamu dan mencari blog kamu untuk memberikan komentar balik.
Nah itulah hal hal yang perlu kalian lakukan setelah mempunyai blog, hal hal tersebut berasal dari pengalaman saya sendiri jadi monon maaf apabila ada informasi yang salah karna sesungguhnya saya sendiri hanyalah seorang newbie yang baru belajar dan bisa membuat blog

Silakan berkomentar yang baik, dilarang komentar yang berbentuk spam, misalnya unsur pornografi, kata-kata jorok. dll
EmoticonEmoticon