Saturday, October 29, 2016

Inilah Fitur Tersembunyi Dari Aple MacBook Pro

Mralisadikin - Touch Bar yang jadi fitur inovatif di MacBook Pro ternyata punya kebutuhan khusus. Demi mendukung pengoperasiannya, Apple sampai membenamkan prosesor sendiri.

Prosesor yang dimaksud adalah T1. Dan yang membuatnya makin menarik adalah, siapa sangka kalau itu adalah prosesor yang sama yang terbenam di balik Apple Watch Series 2. Meski tugas utamanya didedikasikan untuk menangani operasional Touch Bar, T1 ternyata masih punya kerjaan lain yang wajib ditangani.

Salah satunya adalah berada di balik kamera MacBook Pro. Selain itu urusan penyimapanan password juga sepenuhnya ditangani prosesor berbasis ARM.

Pemilihan T1 yang berbasis ARM juga bukannya tanpa alasan. Sistem yang dipakai Touch Bar nyatanya mengambil basis dari Watch OS. Sebagai informasi, seperti kebanyakan OS yang digunakan kebanyakan smartwatch, Watch OS memang dioptimalkan untuk chip ARM.

Kehadiran Touch Bar sendiri menggantikan fungsi satu baris tombol bagian atas keyboard dengan layar sentuh. Namun Apple membuat Touch Bar memiliki fungsi lebih banyak. Menariknya setiap fungsi akan tergantung pada aplikasi yang dijalankan pengguna.

Lewat Touch Bar, pengguna bisa melihat slideshow foto dengan cukup mudah. Hanya dengan mengeser jari di area layar sentuh tersebut. 

Pengguna pun dapat menggunakan sejumlah alat pengeditan foto maupun video langsung di Touch Bar. Contohnya menambah tingkat kecerahan dan kontras gambar.


Ada 'Otak' Apple Watch 2 di Balik Touch Bar MacBook Pro

Saat tengah membuka aplikasi pesan, Touch Bar juga bisa menampilkan emoji. Tinggal geser ke kiri maupun ke kanan untuk memilihnya.

Di aplikasi Safari, Touch Bar akan menampilkan situs favorit. Ketika menekan salah satunya, seketika situs tersebut akan terbuka di Safari.

Ketika membuka aplikasi Mail, Touch Bar menampilkan sejumlah opsi reply, reply all atau forward. Fitur ini juga akan menampilkan prediksi nama saat pengguna akan memasukan alamat email penerima pesan.


Sungguh perkembangan teknologi yang sudah sangat pesat sekali, mungkin sekarang dimulai dari hal-hal yang kecil, namun manusia itu dapat berkembanga. Jadi pastinya untuk kedepannya lagi akan muncul teknologi yang dapat menggemparkan dunia.

Silakan berkomentar yang baik, dilarang komentar yang berbentuk spam, misalnya unsur pornografi, kata-kata jorok. dll
EmoticonEmoticon