Sunday, August 20, 2017

6 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Saat di Depan Komputer, Khususnya Mata

Tags

Menjaga kesehatan saat di depan komputer adalah hal yang penting menurut saya, dan mungkin sangatlah penting. Bermain komputer memang menyenangkan, kita bisa saja bermain komputer selama 12 jam tanpa berhenti. Namun apakah bermain komputer terlalu lama baik bagi kesehatan kita ? Tentu tidak, terlalu lama di depan komputer tentunya tidak baik baik kesehatan, berbagai keluhan dan penyakit bisa saja mendatangi tubuh kita. Berikut keluhan yang kerap di rasakan oleh orang yang terlalu lama duduk di depan komputer:
  • Mata terasa kering dan perih, 
  • Terasa seperti ada yang mengganjal di mata
  • Pundak terasa pegal
  • Merasakan pegal pada bagian punggung
Bermain komputer juga memerlukan tenaga, apalagi jika terlalu lama di depan komputer. Saat bermain komputer, anggota tubuh yang paling bekerja keras adalah mata, jadi wajar saja jika kita akan merasakan mata kering dan perih. Namun, bagaimana jika pekerjaan yang menuntut kita untuk duduk lama di depan komputer. Berikut adalah cara sederhana menjaga kesehatan saat di depan komputer.

6 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Saat di Depan Komputer, Khususnya Mata
sumber:picquery.com


1. Atur Jarak Antara Mata Dengan Layar Monitor
Usahakan ada jarak antara mata dengan layar monitor, sekurang-kurangnya 40-70 cm. Kesehatan mata adalah hal yang perlu kita perhatikan, sayang apabila kita masih muda namun sudah memiliki keluhan pada mata, seperti mata minus. Layar komputer memancarakan cahaya yang bisa memmbuat mata kita perih dan kering bila di pandang terlalu lama. Dengan mmengatur jarak antara mata dengan layar monitor, kita bisa mengurangi peluang mata kita menjadi sakit.

2. Duduk Dengan Posisi Yang Benar
Jika anda adalah seorang penjaga warnat ataupun orang kantoran, yang menuntut anda untuk duduk lama dengan mengoperasikan komputer, pastikan anda duduk dengan benar. Duduk dengan benar yang saya maksud adalah duduk dengan posisi yang benar, dan nyaman. Duduklah denga posisi tegak dengan punggung bersandar pada kursi, hindari duduk dengan posisi miring, membungkuk, ataupun posisi punggung terlalu turun, yang bisa mengakibatkan munculnya masalah pada tulang anda. Pastikan anda memiliki kursi yang nyaman dan pas dengan tubuh anda, jangan terlalu tinggi, dan jangan terlalu rendah. 

3. Lakukan Gerakan Senam Ringan 
Usahakan untuk melakukan gerakan-gerakan senam yang ringan, selagi anda istirahat sejenak dari komputer. Luangkan waktu kurang lebih 5 menit untuk melakukannya. Anda bisa melakukan gerakan peregangan leher, peregangan telapak tangan, peragangan kaki,  dan sebagainya.

Baca Juga:Saya Beruntung Bisa Belajar Komputer dan Jaringan di Jurusan TKJ

4. Lihat Keluar Ruangan Beberapa Saat
Mata kita diatur untuk memlihat sesuatu yang 3 dimensi, jadi selagi anda duduk di depan komputer, usahakan meluangkan sedikit waktu, sekitar 5 menit untuk melihat keluar ruangan, atau melihat pepohonan hijau, karena warna hijau bisa memberikan efek penyegaran pada kita.

5. Tidur Untuk Beberapa Saat
Tidur adalah hal yang penting untuk mengistirahatkan seluruh anggota badan, dengan tidur kita bisa mencegah penyakit untuk datang yang diakibatkan oleh kelelahan kita. Jika di samping anda ada sofa, anda bisa untuk tidur sejenak, kalau tidak rebahkanlah tubuh anda sejenak.

6. Ajak Bicara Orang di Sekitar Anda
Kesehatan tidak selalu dalam bentuk fisik, dalam hal psikologi juga penting, jangan sampai saat anda asik bermain di depan komputer, anda lupa bahwa ada orang lain di sekitar anda. Dengan mengajak bicara orang di samping anda, dengan begitu anda tidak terlalu tergantung pada dunia maya dan menjadi orang yang anti sosial. Dunia maya memang menyenangkan, namun kita hidup di dunia nyata, dan itulah yang lebih penting.

Jika anda memiliki tips lainnya, bisa anda masukkan di komentar

Silakan berkomentar yang baik, dilarang komentar yang berbentuk spam, misalnya unsur pornografi, kata-kata jorok. dll
EmoticonEmoticon