Tuesday, August 15, 2017

Saya Beruntung Bisa Belajar Komputer dan Jaringan di Jurusan TKJ

Tags

Sesuai judul di atas, saya merasa beruntung bisa menjadi siswa tkj dan bisa belajar tkj. TKJ adalah kepanjangan dari Teknik Komputer dan Jaringan, jurusan tkj memang jurusan yang cukup populer dibanding jurusan yang lain di smk. Kenapa ? karena pada zaman sekarang yang umumnya setiap pekerjaan menggunakan teknologi, jurusan tkj sangat dibutuhkan. Semakin berkembang teknologi semakin berkembang juga materi belajar siswa tkj.

Belajar di tkj, memang merupakan suatu keberuntungan bagi saya, dengan bergabung ke jurusan tkj, saya bisa mengetahui banyak hal yang sebelumnya saya sama sekali tidak menegetahuinya. Seperti jaringan, membuat server linux, konfigurasi mikrotik, perkitan komputer, dan hal lain seputar teknik komputer dan jaringan.

Alasan lain yang membuat saya masuk jurusan tkj adalah banyaknya lapangan pekerjaan yang membutuhkan skill tkj kita. Di zaman yang semakin populer teknologi, tidak menutup kemungkinan, setiap lowongan pekerjaan membutuhkan seorang teknisi. Atau kita bisa menciptakan lapangan kerja sendiri, misalnya membuka service komputer, membuka jasa setting jaringan, atau membuka jasa membuat server.

Saya Beruntung Bisa Belajar Komputer dan Jaringan di Jurusan TKJ


Di jurusan tkj juga saya pertama kali mengenal yang namnya sistem operasi linux, dan pertama kali belajar membuat server berbasis linux debian. Linux adalah sistem operasi open source yang setiap user boleh mendownloadnya secara gratis dan bebas untuk dimodifikasi. Linux juga merupakan sistem operasi yang bisa digunakan untuk membangun sebuah komputer server. Mulai dari awal masuk jurusan tkj, saya mulai membiasakan diri untuk menggunakan sistem operasi linux, dan sampai sekarang saya masih menggunakan linux.

Di jurusan tkj ini saya belajar banyak mengenai jaringan komputer, mulai dari jaringan komputer lan, man, dan wan. Di jurusan ini juga saya pertama kali belajar setting router mikrotik, setting access point, dan juga subnetting ip. Setiap pembelajaran dari semua smk memang berbeda-beda, setidaknya kita sendiri juga harus memiliki kesadaran untuk lebih mendalami materi belajar kita.

Dan pertama kali saya mengikuti lomba, juga saat saya belajar di smk jurusan tkj (teknik komputer dan jarinngan). Pada saat itu saya ditunjuk sekolah sebagai perwakilan lomba LKS (Lomba Kompetensi Siswa) bidang IT Networking and Support tingkat kabupaten, dan alhamdulillah saya mendapatkan juara 1 dan bisa mewakili ke tingkat provinsi, namun di tingkap provinsi saya belum bisa mendapat gelar juara, tidak apa-apa juga, itung-itung nambah pengalaman.

Belajar di tkj juga banyak manfaatnya, berikut manfaat masuk jurusan tkj:

1. Jurusan TKJ jurusan paling populer
Seperti yang saya tulis di atas, jurusan tkj adalah jurusan yang cukup populer dibanding jurusan yang lainnya sehingga menambah daya saing juga. Dengan begitu tidak diragukan lagi kualitas dari jurusan teknik komputer dan jaringan.

2. Jurusan TKJ tidak pernah mati.
Semakin berkembangnya teknologi, semakin berkembang pula jurusan tkj ini, karna jurusan tkj akan terus ada untuk mempelajari permebangan tersebut, dengan kata lain jurusan tkj tidak akan pernah mati. Sebagai contoh, saat ini kita belajar untuk merakit komputer dan laptop, tidak meutup kemungkinan 5 tahun kedepan kita bisa merakit robot dan hal lain.

3. Banyaknya peluang kerja
Jurusan tkj juga memiliki peluang kerja yang luas, karena banyak pekerjaan yang sudah dibantu dengan teknologi, sebagai contoh, toko sembako, sudah menggunakan komputer untuk melihat list barang, rumah sakit yang sudah menggunakan bantuan aplikasi berbasis web untuk membantu pendataan pasien. Sebagai lulusan jurusan tkj, anda juga bisa membuat lapangan kerja sendiri, seperti membangun toko komputer, membuat service center, membuka jasa setting jaringan.

4. Mendapat banyak teman se-hobi
Mendapat teman yang memiliki hobi yang sama memang sangat menyenangan, kita bisa belajar dan sharing tentang komputer jaringan. Juga karena di jurusan tkj, kita dituntut untuk bisa bekerjasama sebagai sebuah team. Setiap pekerjaan akan lebih mudah dan menyenangkan bila dikerjakan bersama-sama.

5. Mendapatkan banyak pengalaman
Yang paling penting dari yang lainnya adalah pengalaman, dengan masuk di jurusan tkj, saya mendapatkan banyak pengalaman seputar jaringan dan komputer, karena pengalaman adalah guru yang terbaik. Walaupun nantinya saya tidak bekerja di bidang komputer dan jaringan, setidaknya ilmu tkj saya akan tetap terpakai.

Itu saja mengapa say merasa beruntung bisa belajar di jurusan tkj

Silakan berkomentar yang baik, dilarang komentar yang berbentuk spam, misalnya unsur pornografi, kata-kata jorok. dll
EmoticonEmoticon